Wednesday, October 20, 2010

Mengikuti Young Alumni ITS Leadership & management Program 2010

Sabtu Minggu Tanggal 24-25 Juli ini alhamdulillah saya diterima mengikuti acara Program Leadership Young Alumni 2010. Program ini yang pertama diadakan oleh PP IKA-ITS dan akan diadakan tahunan sebagai kaderisasi IKA yang kedepannya diharapka bisa menciptakan kekuatan bersama yang selama ini dirasakan para almuni berjalan sendiri-sendiri, untuk prolead yang pertama ini acara bersamaan dengan acara Fun Futsal IKA ITS Jakarta Raya di Citos. Prolead berlangsung di Hotel Park Cawang. Hotel Park sendiri ternyata milik pak Musyanif, Teknik Sipil 73, presdir PP (Pembangunan Perumahan), BUMN yang didirikan Pak Karno karena punya keinginan untuk membangun perumahan untuk rakyat Indonesia, tapi dalam perjalanan aktualnya, saat ini PP membangun Hotel Indonesia Kempinski, Sampoerna Strategic Square, dan Hotel Park. Selain bekerja di PP, pak Musyanif juga mempunyai banyak usaha termasuk membangun Hotel Park berikut Park Apartement yang terletak bersebelahan. Ketika pak Musyanif dihubungi panitia prolead (mas Arief Hermawan Tekkim 95) untuk menjadi salah satu nara sumber, pak Musyanif bertanya tempatnya dimana, ketika dijawab di hotel Park, pak Musyanif berkata: "Loh itu khan hotel saya, ya sudah saya beri discount 50% buat bayar tempatnya". Ketika manajemen hotel menghubungi panitia untuk pembayaran, panitia bilang bahwa gak bayar penuh karena diminta sendiri oleh pemilik hotel dan minta agar bayarnya sabtu sore saja menunggu pak Musyanif datang mengisi acara jam 1, daripada nanti manajemen malah dimarahi oleh pak Musyanif karena memang diberi discount 50%.

Sabtu jam setengah tujuh pagi saya berangkat dari rumah menuju kantor untuk menitipkan motor, kemudian jalan kaki sekitar seratus meter ke halte bus depan German Center menunggu bus Mayasari Bakti 117 warna hijau jurusan Poris - Pulo Gadung. Sekitar jam tujuh kurang sepuluh busnya datang, busnya buatan agak lama, berusia lebih dari sepuluh tahun, tapi cukup terawat meski sudah mulai berkarat dan berbunyi ketika berjalan. Saya turun di UKI Cawang bayar sembilan ribu, setelah itu naik ojek bayar lima ribu, ternyata gedungnya cukup dekat bahkan dilewati oleh bus tadi tetapi putar jalan dulu lewat bawah tol, tukang ojeknya bilang bahwa nanti juga busnya lewat depan gedung untuk pulang ke BSD. Saya sendiri tidak tahu kalo ternyata dekat UKI dan dilewati bus 117, informasi yang saya dapat dari wikimapia dekat UKI dan UKI sendiri merupakan pemberhentian bus 117, jadi memang sudah saya rencanakan kalau turun di UKI dan jalan kaki jika nama hotelnya kelihatan, dan naik ojek jika tidak kelihatan.

Ketika sampai di hotel, saya dikasih tahu pihak informasi bahwa acara ITS ada di lantai 1, ruang Cendana 1 sebelah kanan lift, hotelnya kecil, baru beroperasi juga, dibangun 2002, tapi cukup rame, saya satu lift dengan seorang asing bersama anak laki-lakinya berusia sepuluh tahunan. Disebelah lift yang ada dua itu ada tangga yang pendek sekali jika lewat ke lantai satu. Saya menunggu dua lift itu sampai ground floor lumayan lama karena memang liftnya meski baru tapi diset jalan pelan biar lebih nyaman, dan lebih cepat sampainya kalo naik tangga karena memang hotelnya kecil tapi bermodel modern bersih. Sampai di depan ruang Cendana 1 saya bertemu cak Arief, cak Hamdani, dan Allaq. Semua anak tekkim berbeda angkatan. Cak Hamdani tekkim angkatan 91 jadi moderator di hari pertama, sedangkan Allaq peserta, tekkim 2003.

Acara dimulai pukul 8.30, para peserta memasuki ruangan Cendana 1, meskipun ada beberapa yang datang terlambat, kemudian mas Arief berpidato pembukaan, dan mengatakan bahwa selamat datang
kemudian memberi waktu sepuluh menit dan meminta kepada para peserta menentukan nama-nama yang menjadi koordinator angkatan, pembawa acara, pembaca doa, dirijen lagu Indonesia Raya, dan pembaca kesimpulan masing-masing materi karena di prolead ini tiap akhir materi akan dibacakan kesimpulan selama lima menit oleh peserta bukan oleh moderator. Mas arief kemudian keluar ruangan selama sepuluh menit meninggalkan peserta. Kemudian Fibrina T. Industri 99 maju didepan membacakan sekilas kertas yang berisi table peran-peran yang perlu diisi nama para peserta. Untuk pembawa acara Allaq karena sudah berpengalaman, sedangkan moderator dari panitia, moderator hari pertama cak Hamdani, hari kedua cak Jafar, T. Fisika 96 dan Ning Umi, T. Informatika 94. Koordinator angkatan prolead Fibrina T. Industri 99, Nizar TC02 baca doa pembukaan, begitu pula ditentukan para pembaca resume tiap session, semua peserta diserahi tugas. Saya sendiri diminta sebagai dirijen mengiringi lagu Indonesia Raya, ketika ditanya siapa yang mau jadi dirijen, semua peserta ga ada yang mau, ada rekan yang bilang saya saja jadi dirijen, yasudah ga masalah saya jadi dirijen, tetapi sampai acara prolead selesai tidak jadi ada menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Acara selesai pukul 17.30, saya pulang bareng mas Hanif, T. Sipil 96, dibayari naik taksi sampai BSD, rumahnya mas Hanif satu jurusan, ditengah perjalanan mas Hanif cerita ternyata temannya mas Torped T. Fisika 96 sama mas Jagir T. Mesin 96, sama mas Andri T. Informatika 97, SC Bakti Kampus saya dulu, mas Hanif dulu juga sama-sama jadi SC BK tapi di gugus yang berbeda.

Hari kedua, saya datang lebih siang karena sudah tahu tempatnya, naik bus 117 saya berhenti tepat di depan hotel Park bukan di perempatan UKI, sama dengan hari pertama saya aktif mengacungkan tangan untuk bertanya kepada para pembicara di setiap session tapi hanya beberapa kali diapprove oleh moderator karena teman-teman peserta yang lain juga melakukan hal yang serupa.

No comments: