Monday, July 11, 2011

Turnamen Tennis Antar Alumni Tujuh Perguruan Tinggi 2011


Pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 2011 IKA-ITS menjadi tuan rumah penyelenggaraan Turnamen Tennis Antar Alumni Tujuh Perguruan Tinggi 2011 di lapangan tennis Sekolah Internasional Tiara Bangsa Jatiwarna Bekasi. Turnamen diikuti tujuh tim perguruan tinggi yaitu ITS, ITB, IPB, UGM, UI, Unpad, dan Unpar.

Pembukaan berlangsung di tenda pinggir lapangan pada pukul sembilan pagi, Sambutan pertama oleh ketua panitia Bpk. Hanief Djauhari, dalam pidatonya Bpk. Hanief bercerita bahwa ketika bermain tennir dengan orang UGM mengajak ITS untuk bergabung dalam turnamen tennis tahunan yang sudah berjalan yang diikuti oleh enam perguran tinggi. Sambutan yang kedua oleh ketua IKA-ITS Bpk. Dwi Sutjipto, dalam pidatonya Bpk. Dwi mengharap selain keinginan untuk memenangkan turnamen hendaknya dijadikan sebagai ajang silaturrahmi antar alumni tujuh perguruan tinggi, juga meminta maaf dan mengkarena pembukaan terlaksana agak terlambat dari waktu seharusnya di siang hari yaitu pukul delapan pagi karena sudah menjadi kebiasaan sejak mahasiswa di Surabaya untuk bangun kesiangan. Sambutan ketiga oleh Bpk Theo F Sambuaga, beliau berpidato bahwa teringat ketika menjadi mahasiswa dan mengikuti demonstrasi di tahun 73, dimana universitas pelopornya sama dengan peserta turnamen tennis ini, pak Theo juga bercerita ketika menjadi anggota DPR dari wilayah Jawa Timur, beliau biasa dipanggil dengan nama Teo Sambuogo.

Turnamen dimulai dengan pertandingan eksebisi di lapangan 1 dari tujuh lapangan yang semuanya digunakan, antara tim Bpk. Dwi Sutjipto dengan Bpk. Soekrisno melawan tim Bpk. Theo Sambuaga dengan Bpk. Sunardji SE, MM, Pembantu Rektor UI . Turnamen sendiri dibagi menjadi dua pool, pool A dan pool B, Pool A terdiri atas UGM, Unpad, ITS, dan UI, pool B terdiri atas ITB, IPB, dan Unpar, Menggunakan sistim gugur, untuk pool A karena terdiri atas empat tim maka menggunakan 6 game satu set tanpa deuce, untuk pool B menggunakan 8 game, final menggunakan sistim 7 game. Masing-masing tim terdiri atas lima pasangan ganda berdasar kelompok total umur 80 tahun, 90 tahun, 100 tahun, 110 tahun, dan bebas.

Sore hari setelah partai penyisihan yang mana Pool A dijuarai oleh tim UGM, runner up Unpad, sedangkan pool B dijuarai ITB dan runner up IPB, semua tim berkumpul untuk jeda istirahat, bertukar cindera mata dan pembagian door prize, tim IPB menyumbang 20 e-toll card masing-masing senilai 250 ribu, ITB memberi 2 tempat raket, Unpar memberi tiket menginap di hotel di Bali, dan ITS memberi hadiah sepatu tennis. Setelah pembagian door prize, juga diadakan serah terima kepanitiaan untuk tahun depan, tahun depan Turnamen tennis ini akan dipanitiai oleh IPB. Semifinal mempertemukan UGM melawan IPB, ITB melawan Unpad. Juara akhirnya direbut tim dari ITB setelah mengalahkan juara bertahan UGM di final dengan score 3-2.

Salam,
Imam - Seksi Publikasi dan Dokumentasi

No comments: