Sunday, October 25, 2009

Cerita SE 2006

Teman2 ini ceritaku pas SE 2006 di Graha Wisata Kuningan.

Selasa, tgl 20 Oktober kemarin aku masih di user, Wom Finance, di MGK (Mega Glodok Kemayoran), disana lagi UAT, aku ijin pulang sore, biasanya pulang malem, tapi pas UAT gini ga terlalu malem paling jam 9 sudah pulang, tapi sampe BSD bisa jam 10 atau jam 11an. Kl pulang biasanya barengan sama rekan2 kantor, kadang2 travel kantor, taxi, atau ada rekan yg bawa mobil bareng dia terus di reimburse.

Aku pulang jam setengah 6an, sebetulnya ijin jam 5an tp ternyata tiba2 ada kerjaan jadi pulang jam segitu, aku naik bajaj, soalnya ga tau kalo ke halte busway naik angkot apa, kl naik ojek kebetulan gada, abis itu aku turun di halte busway pasar baru. Disana aku tanya2 kl mau ke kuningan lewat mana, petugasnya bilang turun halte Matraman, abis itu ke Dukuh Atas. Ketika menuju ke Matraman aku bawannnya was-was aja takut2 kl nyasar, soalnya lewat Salemba UI, dsb, yg aku lihat Salemba itu di Jakarta Pusat, padahal Kuningan di Selatan. Tapi aku bawa santai aja kalopun kesasar ya tinggal pulang. Tapi akhirnya sampe juga di Dukuh Atas.

Sampe dukuh atas aku inget soalnya dulu juga lewat rute yang sama, tapi sekarang sudah beda, seingatku dulu kl udah sampe dukuh atas aku jalan panjang dan antri panjang di jalan koridor gt, sekarang ga lagi aku ga perlu naik tangga terus antri gt soalnya pintu buswaynya sekarang ada di bawah, bus yang ke Ragunan ada di pintu paling pojok belakang. Sampe di bus aku masih keliru tak kirain ada halte Pasar Festival deket halte GOR Soemantri, ternyata ga ada jadinya kelewatan, aku turun di Mampang terus naik balik busway turun GOR Soemantri, aku sampe tempat kira2 setengah delapanan, aku ga solat Maghrib.

Di pintu masuk aku ketemu sama Wahib, mas Wongky, Bawenang, Galih01, sama yg lain, aku ngobrol sama Bawenang, dia bilang ntar pulangnya bareng aja, soalnya kaya tahun kemarin aku pulangnya bareng Bawenang, aku bilang oke tapi nanti kl eli dateng ntar pulangnya bertigaan. Habis itu aku masuk ruangan, didalam semua pada pake batik, terus aku duduk deket sama dua anak 2006, ngobrol2, mereka tanya angaktan berapa kerja dimana, aku terus bilang ke mereka kl temen angkatanku yg jadi dosen tuh ada Anny, Siddiq, sama dulu Medi, trus temen yg jadi dosen SI ada Rully. Mereka bilang kl adiknya Anny itu angkatan 2006 juga, ikut SE juga, abis itu kl Siddiq sekarang sudah pulang ga di Australia lagi, abis itu dulu sempat diajar grafika sama Medi. Mereka bilang kl Medi ikut suaminya di Jakarta ga ngajar lagi, aku bilang ke mereka kl sekarang Medi masih ngajar tapi di Binus.

Habis itu semua dipersilahkan duduk di depan, aku cari ruang yang kosong, duduk di deret ketiga di belakangnya wahib, Wahib duduk dekat mas Lucky Esa, deret ketiga masih kosong, sedangkan sebelah kiriku banyak anak2 2002 dsb, aku ga gt apal. Kursi2 di susun mirip ruang kuliah, ada 4 kolom masing2 kolom ada 6-7 barisan, berbentuk U ditengah depannya ada meja panjang buat nara sumber. Aku duduk di kolom sebelah kanan yg menghadap meja panjang tadi. Habis itu ada mas Wongky, mas Deku, sama mas Abi duduk di belakangku, aku salaman, bilang minta maaf sekalian lebaran, habis itu eli datang duduk sebelah mas Aby.

Habis itu panitia mempersilahkan beberapa orang untuk menjadi nara sumber, ada mas Lucky Esa 85, Aris Kumara 2002, mas Wongky 98 sama dosen cewe angkatan 2004. Habis itu ada 2 anak 2006 yang bertanya, salah satunya dia tanya tentang pentingnya ilmu berkomunikasi di dunia kerja.

Mas Lucky cerita kalo dia angkatan pertama, kuliah 8 tahun, habis lulus sempat jobless lama di surabaya, abis itu ditawari sama orang BP untuk bekerja di BP tapi di pedalaman kalimantan, dia di BP selama 8 tahun habis itu ketrima di Microsoft dan bekerja di sana selama 8 tahun, dia putuskan untuk keluar, ambil S2 dan jadi pembicara di banyak tempat, dia cerita Microsoft sendiri minta dia balik tapi dia tidak mau, waktu mau pulang dia juga cerita kalo ada orang google dari Amerika datang ke dia buat konsultasi, dia juga pernah diajak ke kantornya google di luar negeri, dia juga berencana mau ambil S3.

Aris bercerita kalo dia tidak sempat bertemu sama angkatan 2006 karena sudah lulus, dia juga bercerita enaknya kalo kerja di IBM, kerjaan bisa dikerjakan di rumah asal tanggung jawab, jam kerja juga fleksibel, dia cerita kalo anak TC yg di IBM ada Amiril Muknimin2002, Roy2002, Eddie Tjandra, mbak Dewi, sama Januar00. Dia cerita kerjaan dia banyak presentasi, dia juga cerita kalo harus percaya diri, dia bilang waktu di training di Hong Kong, bertemu sama anak2 IBM dari negara lain, dia bilang yg dari India yang pinter2 malah tidak lulus trainingnya. Dia bilang IBM mau ada rekruitmen buat karyawan kaya dia dia minta anak2 2006 mendaftar karena IBM punya list universitas2 yg sudah diakui dan ITS ada didalamnya.

Habis itu ada mas Jayus atau siapa lupa ku namanya yg duduk di belakang yg pernah kerja di IBM selama 7 tahun, dia angkatan 85 temennya mas Lucky, dia dateng sama istrinya mbak Sri yg 5 tahun dibawahnya berarti angkatan 90 sama anak putrinya, dia dipersilahkan bicara sama mas Lucky, dia cerita kl IBM tuh perusahaan gila karena mau terima karyawan kaya dia, dia juga kuliah 8 tahun, waktu interview dia ditanyain sama bosnya mau ngga dateng tanggal sekian buat tes atau apa gt, dia bilang ga mau, terus ditanyain lagi kenapa, dia bilang soalnya mau naik gunung, habis itu dia langsun diterima. Sedangkan mbak Sri cerita kalo dia itu dalam angkatan yang beruntung karena waktu itu masih sedikit anak Informatika, tidak seperti sekarang yang banyak sarjana informatika, dia juga bilang kalo kelebihannya ITs tuh tidak ada ITS connection, kl ITB UI khan ada, kl di ITS ga ada, dia bliang dia terapkan sama dia sendiri, dia bilang waktu ngetes karyawan masuk dia tidak peduli apa anak ITS apa bukan, kalo bagus ya diterima. Dia juga cerita bagi yang pengen kerja di Singapura ada Singapore Connection, kaena Singapura tuh cari karyawan2 yang berpengalaman, Singapore Connection tuh memfasilitasi tempat selama 6 bulan untuk cari kerja di Singapura.

Mas Wongky cerita kalo dia waktu lulus juga daftar di IBM, tapi dia telat buka email yang ternyata dia dapat email ketrima di IBM, sebelumnya anak2 2006 kunjungan ke Mandiri dan memperkanalkan ulang posisinya di Mandiri, dia cerita di Mandiri tahun 2005, dia bilang awal dia masuk masih sedikit anak ITS, sekarang sudah banyak, dia bilang kalo sejak ada pejabat Mandiri yg dari ITS, aku lupa namanya sekarang Mandiri punya kepercayaan lah sama ITS. Dia juga bilang tentang pentingnya networking, dia bilang bahwa di Mandii, pas dia ketemu sama permasalahan banking dia tanya2 sama temen2nya yang kerja di banking untuk pecahin masalah itu, jadinya dia bisa menyelesaikan masalah itu. Waktu makan bersama juga mas Wongky cerita kalo anak 99 yg di Mandiri itu ada Liga sama Firstiar, Roy di Singapura, Maman mau ke Kalimantan.

Habis itu mas Aby unjuk jari, dia malah ngobrol yg paling panjang, suasana malah jadi kaya Format, dia bilang abis ini mau pulang, ga ikut makan malam, dia bilang banyak hal, dia bilang di dunia kerja harus PD, belajar menghadapi orang, dia bilang dulu mana berani pidato seperti itu, dia juga bilang jangan terlalu idealis, di kantornya saja dia bilang pekerjaannya bukan sebagai software engineer tapi excel engineer, habis itu dia bilang kalo yg didepan itu khan success story semua, barangkali perlu juga fail story, dia juga bilang kalo di bidang dia yaitu mining khan top2nya kalo diterima di Halliburton atau Schlumberger, padahal khan belum tentu ketrima disana.

Habis itu aku beranikan diri juga untuk bicara, aku bilang ke mereka kalo karirku tuh jelek, aku kerja di vendor lokal, itu pun sebagai programmer, sebelumnya juga pindah2 kantor terus, aku juga sebetulnya tidak ada bahan untuk dibicarakan, tapi melihat mas wongky sama mas aby bicara, maka aku beranikan untuk bicara, aku bilang ke mereka kalo sebelumnya pikirku mau datang apa ngga, wis akhirnya aku dateng aja kali aja nanti bisa bertemu sama kakak2 kelas, abis itu aku bilang ke mereka sebetulnya aku tidak punya kompetensi yg bagus tentang dunia kerja la wong karirku juga jelek, tapi aku ceritakan ke mereka pidato pak mushonif dulu pas pembekalan wisuda kl di dunia kerja tuh yg penting attitude, dia bilang attitude 99%, skill cuma 1%, abis ituaku juga bilang kl mau sukses tuh agamanya harus kuat, terus aku bandingkan pakaiannya anak2 2006 sama anak2 SGU, aku memuji pakaiannya anak 2006 bagus pake batik, aku bilang jika kuat tidaknya agama seseorang direpresentasikan sama pakaiannya maka aku seneng sama anak2 2006 karena pakaiannya bagus berarti agamanya juga kuat.

Habis itu acara ramah tamah sama makan malam, aku diem tok sepeti biasanya, tapi aku bawa santai aja, aku semeja sama Eli, mas Wongky sama anak 2004 yang ketrima di Mandiri. Wahib ada di meja depanku. Habis itu foto bersama terus pulang, aku pulang bareng eli naik taxi tarif bawah ke stasiun terus naik kereta jam 11 malam, sampe di stasiun Rawa Buntu aku naik ojek ke German Center karena aku parkir motor disana.

No comments: